Rabu, 17 Agustus 2016

Panduan Cara Memperbaiki Berbagai Jenis Kerusakan Laptop

Panduan Cara Memperbaiki Berbagai Jenis Kerusakan Laptop 


Di dalam kehidupan yang telah modern ini, terutama bagi yang menempuh pendidikan atau bekerja di kantoran, keberadaan sebuah laptop sangatlah penting. Laptop memberikan kemudahan untuk menyelesaikan berbagai jenis tugas terutama untuk menyimpan,mengolah, dan mencetak data.


Selain itu Laptop juga mempermudah dalam mendapat informasi dan berhubungan dengan orang lain melalui adanya internet.

Sebelum dijelaskan lebih lanjut, saya menyarankan kepada sobat untuk membaca juga mengenai Panduan Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak, panduan ini sangat bagus dimiliki orang yang ingin bisa memperbaiki laptop sendiri.

Namanya juga alat elektronik, suatu waktu pasti akan mengalami kerusakan.

Berikut ini adalah berbagai jenis kerusakan laptop dan cara memperbaikinya :


1. Laptop Mati Total

Laptop dalam kondisi mati total dimana ketika laptop dipasang adaptor AC ke laptop, tidak ada lampu yang menyala sama sekali.

Serta ketika menekan tombol power, tidak ada reaksi yang terjadi. Tidak ada suara, tidak ada indikasi hidup.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi untuk Memperbaikinya:

1). AC adaptor mengalami kegagalan dan baterai habis sepenuhnya. Pertama-tama, uji AC adaptor. Jika memang mati, gantilah adaptornya.

2). DC jack terlepas dari socket motherboard (atau DC jack rusak) sehingga laptop tidak memperoleh daya listrik dari adaptor AC. Dalam hal ini jack DC harus diganti.

3). Motherboard Laptop rusak. Jika itu yang terjadi, kemungkinan besar laptop tidak layak diperbaiki.

2. Laptop menyala tapi layar masih blank.

Laptop menyala, lampu LED pada laptop juga menyala, pendinginan kipas bekerja tapi tidak ada yang muncul di layar.

Layar benar-benar hitam dan kosong sama sekali. Tidak ada gambar di layar sama sekali, bahkan gambar sangat redup juga tidak ada.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi untuk Memperbaikinya :

1). Masalah mungkin disebabkan oleh kegagalan memori. Modul memori gagal dan laptop tidak bisa menyala. Karena itu dalam hal ini Anda dapat mencoba resetting modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot memorinya.

Anda dapat juga mencoba melepaskan modul memori satu per satu untuk menguji laptop hanya dengan satu modul memori yang terpasang. Anda dapat mencoba mengganti modul memori dengan modul baru.

2). Jika resetting / mengganti modul memori tidak membantu, coba lepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dll.

Dengan kata lain, bongkar laptop dengan peralatan minimal yang hanya terpasang  dan uji lagi. Jika laptop masih tidak menyala, kemungkinan besar kegagalan motherboard atau prosesor.

3. Laptop menyala dan lalu mati lagi.

Laptop menyalakan tanpa menunjukkan gambar apapun pada layar. Setelah beberapa detik laptop akan mati dengan sendirinya. Kemudian menyala lalu mati lagi. Ini terus terjadi sampai laptop kita matikan secara total.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi untuk Memperbaikinya :

1). Kemungkinan besar hal itu terjadi karena beberapa jenis kegagalan dalam motherboard. Anda dapat mencoba reseating / mengganti memori seperti yang saya jelaskan di atas.

2). Jika tidak membantu, berarti  kerusakan motherboard. Dalam kebanyakan kasus, sangat sulit mengganti motherboard, lebih baik untuk membeli laptop baru saja

4. Suara Laptop sangat bising.

Laptop bisa menyala dan semuanya bekerja dengan baik, namun timbul beberapa keanehan seperti suara bising dan berderak. Beberapa laptop membuat suara setiap saat, sedangkan laptop lain hanya sebentar-sebentar.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya :

Dalam kebanyakan kasus kebisingan ini berasal dari kipas pendingin atau hard drive laptop. Jika laptop membuat kebisingan ketika kipas pendingin mulai berjalan, kemungkinan besar terjadi kerusakan atau aus. Periksa dan Pasang kembali kipas pendingin.

Jika laptop masih membuat suara bahkan ketika kipas tidak berputar, mungkin itu berasal dari hard drive. Back up semua data pribadi dari hard drive sesegera mungkin, kerusakan total bisa terjadi setiap saat. Pasang kembali hard drive.

5. Laptop mati atau macet ketika sedang digunakan.

Laptop bisa menyala dan berjalan dengan benar, tetapi setelah beberapa saat langsung mengalami hang atau mati tanpa peringatan apapun. Ketika itu terjadi, laptop terasa panas di bagian bawah. Juga, kipas pendingin bekerja lebih keras dari biasanya.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya :

Kemungkinan besar ini adalah masalah panas processor. Hal ini terjadi karena modul pendingin tersumbat dengan debu dan laptop tidak bisa “bernafas” dengan benar. Coba Laptop dimatikan untuk kemudian Bersihkan kipas pendingin dan heatsink untuk memperbaiki masalah.

6. Baterai laptop tidak terisi.

Baterai laptop tidak terisi dengan benar bisa disebabkan dua kemungkinan; tidak terisi daya sama sekali atau terjadi kerusakan setelah Anda mengatur posisi konektor adaptor AC di dalam konektor daya pada laptop.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya :

1). Kerusakan pada baterai. Jika baterai benar-benar tidak terisi sedikitpun, coba gunakan dulu baterai saja. Jika tidak membantu, keluarkan baterai dan coba jalankan laptop hanya dari AC adaptor.

Jika laptop masih berjalan dengan baik dari adaptor AC tetapi tidak mengisi baterai sama sekali, kemungkinan besar baterai rusak atau masalah motherboard. Cobalah mengganti baterai dulu.

2). Lepas konektor daya DC. Jika pengisian baterai berhenti setelah Anda mengatur posisi ujung adaptor AC di dalam konektor, berarti DC jack bermasalah.

7. Layar jadi gelap sementara laptop berjalan.

Laptop bisa start dengan benar, tetapi setelah beberapa saat lampu layar mati. Gambar masih muncul di layar tetapi sangat gelap.

Dalam beberapa kasus lampu layar tidak pernah start tetapi Anda masih bisa melihat gambar yang sangat samar di layar. Dalam semua kasus video laptop tampaknya baik-baik saja jika menggunakan monitor eksternal atau TV.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi Memperbaikinya:

Kemungkinan besar kerusakan itu terjadi baik inverter layar atau lampu layar backlight (CCFL) rusak. Keduanya jika rusak sangat mirip dan menyebabkan cahaya layar redup. Untuk trobuleshoot jenis kegagalan secara efektif, Anda memerlukan beberapa suku cadang: baik inverter kerja baru atau lampu backlight yang dikenal masih baik.

8. Laptop memiliki gambar aneh atau kacau di layar.

Laptop nyala dengan benar tetapi di layar menunjukkan gambar buruk atau kacau.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi Cara Memperbaikinya :

1). Kegagalan Kartu grafis. Pertama-tama, uji laptop Anda dengan output gambar pada monitor eksternal. Jika Anda melihat masalah yang sama pada layar eksternal, kemungkinan besar ini adalah kegagalan kartu grafis.

2). Jika masalah hanya muncul di layar laptop, dapat dikaitkan dengan salah satu dari berikut: koneksi yang buruk antara kabel video dan motherboard atau layar LCD atau kabel video gagal atau layar LCD gagal.

9. Beberapa tombol keyboard laptop berhenti bekerja.

Laptop menyala dan berjalan dengan baik tetapi beberapa tombol keyboard tidak bekerja sama sekali atau karakter yang salah ketik.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi Cara Memperbaikinya :

Kemungkinan besar beberapa tombol keyboard gagal. Keyboard laptop tidak dapat diperbaiki. Jika beberapa tombol berhenti bekerja, Anda harus mengganti keyboard.

10. Tombol keyboard laptop hilang atau rusak.

Sebuah tombol hilang dari keyboard laptop.

Solusi Cara Memperbaikinya :

Jika tombol hilang dari keyboard, masih mungkin untuk memperbaikinya tanpa mengganti seluruh keyboard. Mudah-mudahan Anda tidak merusak engsel tombol. Jika Anda memiliki banyak tombol hilang, mungkin masuk akal untuk mengganti seluruh keyboard.

11. Laptop membuat suara beep yang berulang pada startup.

Ketika menghidupkan laptop tapi tidak ada video di layar. Sebaliknya, laptop membuat suara bip berulang-ulang. Laptop akan jalan norman kebali jika menekan salah satu pada tombol keyboard.

Kemungkinan Penyebab dan Solusi Cara Memperbaikinya

Kemungkinan besar itu terjadi karena ada tombol terjebak pada keyboard. Dalam hal ini Anda harus mengganti keyboard.

12. Cairan tumpah di laptop.

Anda menumpahkan sesuatu pada laptop dan laptop berhenti bekerja.

Cara Memperbaikinya :

Tumpahan cairan yang sangat berbahaya dan tak terduga. Jika itu terjadi, matikan laptop, keluarkan baterai dan jangan menggunakannya sampai semua bagian internal diperiksa dari kerusakan cair.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Kursus otodidak Teknisi Laptop
Bagi yang ingin mempelajari berbagai cara memperbaiki berbagai jenis kerusakan laptop, ingin terampil dan handal  memperbaiki laptop sendiri, dapat mempelajari di Ebook Teknisi Laptop  ini. Ebook tutorial yang mudah di pahami dan dipraktekkan


Harga Ebook : Rp. 134.000,-

Jika ingin lebih murah direkomendasikan untuk membeli Ebook Paket Diskon. Dengan Harga Rp. 197.000 akan mendapat 6 Ebook Utama (yang termasuk ebook ini) ditambah dengan 12 buah Ebook Bonus Utama. 

Ebook-ebook ini adalah seputar tutorial service komputer, service laptop, membuat jaringan komputer, dan menggunakan beberapa software yang penting. Ditambah lagi dengan bonus Schematics Motherboard Laptop-PC, Video Tutorial, dan Free software.

Jika berminat atau ingin info lebih lanjut, Silahkan langsung mengunjungi di Situs resmi penyedianya KLIK DISINI

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Demikianlah info mengenai Jenis Kerusakan Pada Laptop dan Cara Memperbaikinya, semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara belajar merawat laptop yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar